Disini Tempatnya Kunci Jawaban Dan Tugas - Tugas Sekolah. by : aksell17

struktur dari komputer beserta penjelasannya lengkap



struktur dari komputer beserta penjelasannya lengkap

 


1.       Komputer sebagai mesin 6 level

Keterangan Level – level dari CPU
a.       Level 0
Berisi logika – logika yang ditunjukan dalam bentuk logika gerbang, logika digital dibentuk dalam suatu komponen analog misalnya rnsistor dsb.

b.      Level 1
Terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut dengan Arithmatic Logica Unit (ALU) yang terdiri dari sekumplan register yang mampu melakukan operasi – operasi logika aritmatika sederhana

c.       Level 2
Biasa disebut level ISA (instruction set Architecture) . level ini berisikan intruksi-intruksi dasar sebuah mesin seperti yang biasanya terdapat pada manual book dari produk – produk komponen computer yag dikeluarkan oleh pabrik

d.      Level 3
Merupakan level pengaturan mesin yang dilakukan oleh sebuah perangkat lunak yang biasa disebut system operasi , bahwa pekerjaan – pekerjaan yang dilakukan oleh mesin diinterpresentasikan secara parsian oleh sebuah system operasi.
e.      Level 4
Jika level 0 – 3 implementasinya dikerjakan oleh programmer system , mulai level 4 pekerjaan dapat dilakukan oleh programmer aplikasi .

f.        Level 5
Pada level ini, programmer yang ingin memberikan intruksi pada komputer tidk perlu susah – susah belajar bahasa mesin , karena bahasa yang dipakai adlah bahasa tingkat tinggi yang lebih mudah dipahami ole manusia .



1.       Perkembangan Arsitektur CPU
a.       Arsitektur mesin analisis babbage (1843)
Penemu bernama chals babbage pada tahun 1843, dia menemukan suatu konsep pemrosesan data yang menjadi dasar kerja computer zaman sekarang .
1)  Alat mekanis pertama yang digunakan untuk algoritma
2)  Pemrograman langsung dilakukan oleh programmer , ada augustua lovelce (penemu bahasa pemrograman) 

Arsitektur mesin
a)   Bagian input, digunakan untuk membaca intruksi – intruksi dan data dari kartu berlubang
b)   Bagian penyimpanan, memuat 1000 word yang masing –masing terdiri dari 50 digit decimal
c)    Bagian pengolahan, digunakan untuk melakukan pemroses data berdasarkan intrusi yang dilakukan kartu plong
d)   Bagian output , terdiri dari output tercatat dan tercetak yang digunakan untuk menyimpan serta menampilkan hasilnya
e)   Kelemahan : mesin in belum stored program

a.       Arsitektur mesin van neuman (1952)
Mewakili mesiin computer generasi pertama yang bersifat stored program , konnsep binary menjadi tonggak sejarah dalam terciptanya computer digital

Sketsa computer van neumen :

Arsitektur mesin :
1.    Unit Input, untuk membaca data dan instruksi yang diberikan.
2.    Main Memory, terdiri dari 4096 Word satu word memuat 40 bit biner.
3.    Arithmetic Logic, sebagai bagian yang berfungsi sebagai unit pemrosesan.
4.    Control Unit, sebagai pengendali kerja antar komponen arsitektur.
5.    Unit Output, untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan ALU dan CU.


a.    Arsitektur Mesin computer modem (1980)

1.    Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data

2.    Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi - fungsi pengolahan data computer

3.    Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi - fungsi operasinya

4.    CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register - register dan juga dengan bus - bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya


1.    Fungsi CPU
a.    Fungsi CPU adalah penjalankan program - program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi - instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah

b.    Proses Eksekusi Program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute).

c.    Siklus Fetch Eksekusi Program :
1)      CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori
2)      Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC).
3)      PC akan menambah satu hitungannya setiap kali CPU membaca instruksi.
4)      Instruksi - instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR).


2.      AKSI-AKSI DI DALAM CPU.
a.      CPU - Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya
b.      CPU - I/0, perpindahan data dari CPU ke modul I/0 dan sebaliknya
c.      Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data
d.      Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan eksekusi

3.      SIKLUS INSTRUKSI DALAM CPU.
a.      Instruction Addess Calculation (IAC), yaitu mengkalkulasi atau menentukan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Biasanya melibatkan penambahan bilangan tetap ke alamat instruksi sebelumnya   
b.      Instruction Fetch (IF), yaitu membaca atau pengambil instruksi dari lokasi memorinya ke CPU  
c.      Instruction Operation Decoding (IOD), yaitu menganalisa instruksi untuk menentukan jenis operasi yang akan dibentuk dan operand yang akan digunakan   
d.      Operand Address Calculation (OAC), yaitu menentukan alamat operand, hal ini dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori
e.      Operand Fetch (OF), adalah mengambil operand dari memori atau dari modul 1/0
f.       Data Operation (DO), yaitu membentuk operasi yang diperintahkan dalam instruksi
g.      Operand store (OS), yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori

4.      TENTANG INTERUPT.
a.    Fungsi interupsi adalah mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada routine interupsi. Hampir semua modul (memori dan I/0) memiliki mekanisme yang dapat menginterupsi kerja CPU.
b.      Tujuan interupsi secara umum untuk menejemen pengeksekusian routine instruksi agar efektif dan efisien antar CPU dan modul - modul I/0 maupun memori.
c.    Setiap komponen komputer dapat menjalankan tugasnya secara bersamaan, tetapi kendali terletak pada CPU disamping itu kecepatan eksekusi masing - masing modul berbeda sehingga dengan adanya fungsi interupsi ini dapat sebagai sinkronisasi kerja antar modul.






Terus kunjungi blog aksell17 ini ya J
Insa Allah saya akan terus mengupdate blog ini setiap hari nya

Semoga bermanfaat !!!




 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : struktur dari komputer beserta penjelasannya lengkap

0 komentar:

Posting Komentar