Disini Tempatnya Kunci Jawaban Dan Tugas - Tugas Sekolah. by : aksell17

PENGENALAN ARSITEKTUR KOMPUTER | aksell17




PENGENALAN ARSITEKTUR KOMPUTER

 

 

  A.    Tipe – tipe computer

Apa itu computer? Computer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil.
Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam hal ukuran, biaya, daya komputasi, dan tujuan penggunaan.
1.      Personal computer
Personal computer banyak digunakan di rumah-rumah , kantor, sekolah-sekolah dll . personal computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan,display visual dan unit output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan secara mudah di meja rumah dan kantor.

2.      Computer server
Computer server biasanya digunakan untuk membagikan data ke computer lain (client) bisa di akses menggunakan jaringan umum ataupun routing . server memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar karena server tempatnya berbagai informasi .

3.      Super computer
Komputer jenis ini adalah komputer dengan ukuran yang sangat besar. Digunakan untuk perhitungan yang amat sangat berat. Contoh penggunaannya adalah untuk memprediksi cuaca dan mendesain pesawat terbang.

  B.    Unit fungsional computer

suatu computer terdiri dari 5 bagian utama secara fungsional yaitu : input,memori,ALU, output dan control .

1.      Input

Komputer menerima informasi terkodekan melalui unit input, yang membaca data tersebut. Peralatan input yang paling terkenal adalah keyboard. Kapanpun suatu tombol ditekan, huruf atau digit yang sesuai secara otomatis ditranslasikankan menjadi kode biner yang tepat dan ditransmisikan melalui suatu kabel ke memori atau ke prosesor. Tersedia banyak jenis peralatan input lain, termasuk joystick, trackball, dan mouse.

2.      Memori

Memori terdiri dari 2 yaitu : memori primer dan memori sekunder

Memori primer adalah memori yang cepat dan beroperasi dalam kecepatan elektronis. Memori ini bertugas menyimpan data yang akan diolah. Contoh memori primer adalah RAM (Random-Access Memory).

memori sekunder dibutuhkan untuk menyimpan data yang besar, namun hanya diakses sesekali/ tidak sering. Banyak sekali memori sekunder yang tersedia, misalnya Harddisk, CD ROM, dll.

3.      Arithmetic and Logic Unit (ALU)

Disebut juga ALU, adalah bagian dari prosesor, yang bertugas melakukan operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, dll) dan operasi logika (lebih besar, lebih kecil, dll).

4.      Output

Output adalah lawan dari input. Fungsinya adalah untuk mengirim informasi ke dunia luar/ ke pengguna yang membutuhkan.

5.      Unit control

Unit control berfungsi mengatur atau mengkoordinasi unit lainnya yang secara fisik terpisah di dalam computer , namun unit control ini tersebar di seluruh komponen – komponen yang lainnya .

   C.     Struktur bus

Bus  merupakan  lintasan  komunikasi  yang  menghubungkan  dua  atau  lebih  komponen  komputer. Karakteristik utama dari bus yaitu sebagai media  transmisi  yang  dapat digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung padanya. Karena  digunakan  bersama,  diperlukan  pengaturan  agar  tidak  terjadi  tabrakan  data atau kerusakan data yang ditransmisikan. Walaupun digunakan scara bersamaaan, dalam satu waktu hanya ada sebuah perangkat yang dapat menggunakan bus.

Sebuah bus biasanya terdiri atas beberapa saluran. Sebagai contoh bus data terdiri atas 8 saluran sehingga dalam satu waktu dapat mentransfer data 8 bit. Secara umum fungsi saluran bus dikatagorikan menjadi tiga bagian, yaitu :

1.      Saluran  data

Saluran data (data bus) adalah lintasan yang digunakan sebagai perpindahan data antar modul. Secara umum lintasan ini disebut  bus data. Umumnya jumlah saluran terkait dengan panjang word, misalnya 8, 16, 32. Saluran ini bertujuan agar mentransfer word dalam sekali waktu. Jumlah saluran dalam bus data disebut lebar bus, dengan satuan bit, misal : lebar bus 16 bit

2.      Saluran  alamat

Saluran alamat (address bus) digunakan untuk menspesifikasi sumber dan tujuan data pada bus data. Saluran ini digunakan untuk mengirim alamat word pada memori yang akan diakses CPU. Juga digunakan untuk saluran alamat perangkat modul komputer saat CPU  mengakses suatu modul. Perlu diketahui, semua peralatan yang terhubung dengan sistem komputer, agar dapat diakses harus memiliki alamat. Misalnya mengakses port I/O, maka port I/O harus memiliki alamat hardware-nya.

3.      Saluran  kontrol.

Saluran kontrol (control  bus) digunakan untuk mengontrol bus data, bus alamat dan seluruh modul yang ada. Karena bus data dan bus alamat digunakan oleh semua komponen maka diperlukan suatu mekanisme kerja yang dikontrol melalui bus kontrol ini. Sinyal–sinyal kontrol terdiri atas sinyal pewaktuan dan sinyal–sinyal perintah. Sinyal pewaktuan menandakan validitas data dan alamat, sedangkan sinyal perintah berfungsi membentuk suatu operasi :

Secara umum saluran kontrol meliputi :
a)      Memory Write, memerintahkan data pada bus yang akan dituliskan ke dalam lokasi alamat.
b)      Memory Read memerintahkan data dari lokasi alamat ditempatkan pada bus data.
c)      I/O Write, memerintahkan data pada bus dikirim ke lokasi port I/O.
d)     I/O Read, memerintahkan data dari port I/O ditempatkan pada bus data.
e)      Transfer  ACK,  menunjukkan  data  telah  diterima  dari  bus  atau  data  telah ditempatkan pada bus.
f)       Bus Request, menunjukkan bahwa modul memerlukan kontrol bus.
g)      Bus  Grant,  menunjukkan modul yang melakukan request telah  diberi hak mengontrol bus.
h)      Interrupt Request, menandakan adanya penangguhan interupsi dari modul.
i)        Interrupt ACK, menunjukkan penangguhan interupsi telah diketahui CPU.
j)        Clock, kontrol untuk sinkronisasi operasi antar modul.
k)      Reset, digunakan untuk menginisialisasi seluruh modul.

   D.    Performa

Pengukuran performa komputer yang paling penting adalah seberapa cepat komputer tersebut dapat mengeksekusi program. Kecepatan komputer mengeksekusi program dipengaruhi oleh desain hardware dan instruksi bahasa mesinnya. Karena program biasanya ditulis dalam bahasa tingkat tinggi, maka performa juga dipengaruhi oleh compiler yang mentranslasikan program ke dalam bahasa mesin.Untuk performa terbaik, perlu untuk mendesain compiler, set instruksi mesin, dan hardware dengan cara yang terkoordinasi.

1.      Clock prosesor

Sirkuit prosesor dikontrol oleh sinyal timing yang disebut clock. Clock menetapkan interval, waktu reguler, yang disebut siklus clock. Untuk mengeksekusi instruksi mesin, prosesor membagi tindakan yang akan dilakukan ke dalam rangkaian langkah dasar, sehingga tiap langkah dapat diselesaikan dalam satu siklus clock.

2.      Persamaan performa dasar

Misalkan T adalah waktu prosesor yang diperlukan untuk mengeksekusi suatu program yang telah dipersiapkan dalam beberapa bahasa tingkat tinggi. Compiler menghasilkan program objek bahasa mesin yang sesuai dengan program source. Asumsikan bahwa eksekusi lengkap dari program memerlukan N instruksi bahasa mesin. Jumlah N adalah jumlah aktual eksekusi instruksi, dan tidak harus setara dengan jumlah eksekusi instruksi instruksi mesin dalam program objek. Beberapa instruksi dapat dieksekusi lebih dari sekali, yaitu untuk instruksi yang berada di dalam loop. Instruksi yang lain mungkin tidak dieksekusi sama sekali, tergantung data input yang digunakan.

3.      Operasi pipeline dan superscalar

a.    Superscalar

Salah satu jenis dari arsitektur, dimana superscalar adalah sebuah uniprocessor yang dapat mengeksekusi dua atau lebih operasi scalar dalm bentuk paralel. Merupakan salah satu rancangan untuk meningkatkan kecepatan CPU. Kebanyakan dari komputer saat ini menggunakan mekanisme superscalar ini.

b.    Pipeline

Teknologi pipeline yang digunakan pada komputer bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari komputer. Secara sederhana, pipeline adalah suatu cara yang digunakan untuk melakukan sejumlah kerja secara bersamaan tetapi dalam tahap yang berbeda yang dialirkan secara kontiniu pada unit pemrosesan. Dengan cara ini, maka unit pemroses selalu bekerja.

                        Teknik pipeline ini dapat diterapkan pada berbagai tingkatan dalam sistem komputer. Bisa pada level yang tinggi, misalnya program aplikasi, sampai pada tingkat yang rendah, seperti pada instruksi yang dijalankan oleh microprocessor.

4.      Clock rate

Dalam pengetahuan komputer, istilah clock rate biasanya digunakan untuk menyebut kecepatan kerja prosesor yang diukur dalam satuan herz.. Sebenarnya clock rate menyatakan banyaknya siklus per detik (cycles per second). Siklus yang dimaksud adalah siklus transfer nilai (data) dari satu register prosesor ke lainnya. Misalnya dalam satu detik terjadi 100 siklus pengiriman nilai, maka dapat dikatakan clock rate-nya adalah 100 herz. Dengan demikian, jika clock rate suatu prosesor 800 MHz, maka prosesor tersebut mampu mengerjakan 800 juta siklus pengiriman (transfer) nilai atau data per detik. Dengan kata lain, prosesor tersebut mampu mengirim nilai/data sebanyak 800.000.000 kali dalam satu detik.

5.      Set intruksi RISC dan CISC

a.      CISC ( Complex Instruction Set Computing )

Complex Instruction Set Computing (CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memori (load), operasi aritmatika, dan penyimpanan ke dalam memori (store) yang saling bekerja sama.

Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu instruksi cukup dengan beberapa baris bahasa mesin yang relatif pendek sehingga implikasinya hanya sedikit saja RAM yang digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi tersebut. Arsitektur CISC menekankan pada perangkat keras karena filosofi dari arsitektur CISC yaitu bagaimana memindahkan kerumitan perangkat lunak ke dalam perangkat keras.

Karakteristik CISC
1)       Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
2)       Dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan

Ciri-ciri
1)       Jumlah instruksi banyak
2)       Banyak terdapat perintah bahasa mesin
3)       Instruksi lebih kompleks

Pengaplikasian CISC yaitu pada AMD dan Intel

b.      RISC (Reduced Instruction Set Computer)

RISC singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya.

1)      Sejarah RISC

            Proyek RISC pertama dibuat oleh IBM, stanford dan UC –Berkeley pada akhir tahun 70 dan awal tahun 80an. IBM 801, Stanford MIPS, dan Barkeley RISC 1 dan 2 dibuat dengan konsep yang sama sehingga dikenal sebagai RISC. 

RISC mempunyai karakteristik :
·         one cycle execution time : satu putaran eksekusi. Prosessor    RISC mempunyai CPI (clock per instruction) atau waktu per instruksi untuk setiap putaran. Hal ini dimaksud untuk mengoptimalkan setiap instruksi pada CPU.
·         pipelining:adalah sebuah teknik yang memungkinkan dapat melakukan eksekusi secara simultan.Sehingga proses instruksi lebih     efiisien
·         large number of registers: Jumlah register yang sangat banyak. RISC di Desain dimaksudkan untuk dapat menampung jumlah register yang sangat banyak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi interaksi yang berlebih dengan memory.
    

2)      Ciri-ciri
·         Instruksi berukuran tunggal
·         Ukuran yang umum adalah 4 byte
·         Jumlah pengalamatan data sedikit,
·         Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
·         Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
·         Tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori per instruksi
·         Tidak mendukung perataan sembarang bagi data untuk operasi load/ store.
·         Jumlah maksimum pemakaian memori manajemen bagi suatu alamat data adalah sebuah instruksi .

Pengaplikasian RISC yaitu pada CPU Apple

c.       Perbedaan CISC dan RISC

RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
·         Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit Transistor
·         Instruksi sederhana bahkan single
·         Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
·         Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
·         Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori

CISC ( Complex Instruction Set Computer )
·         Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk pragramer.
·         Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
·         Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
·         Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGENALAN ARSITEKTUR KOMPUTER | aksell17

0 komentar:

Posting Komentar