Disini Tempatnya Kunci Jawaban Dan Tugas - Tugas Sekolah. by : aksell17

**Rangkuman** Biografi Imam Muslim dan juga karya – karyanya

**Rangkuman** Biografi Imam Muslim dan juga karya – karyanya



//**Rangkuman** Biografi Imam Al-Bukhari dan juga karya – karyanya *\\ . hai sahabat A’ks, aksell17 akan update ilmu lagi, kali ini ilmu yang akan aksell bagikan tentang pelajaran Agama Islam yaitu Biografi Imam Muslim dan juga karya – karyanya . okeh langsung saja sobat baca ilmu di bawah ini cekidot :



Imam Muslim ( 204 – 216 H/820-875 M)




a.    Riwayat Hidup Imam Muslim

Nama lengkap beliau adalah Abu Al Husain Muslim bin Al Hajaj bin Muslim bin Kausaz Al Qusyairi Al Naisaburi. Beliau dinisbatkan kepada Naisaburi karena dilahirkan di Naisabur, Iran. Ia dilahirkan pada tahun 204 H ( 820 M ) dan wafat pada hari ahad bulan rajab tahun 261 H ( 875 M ) dan dimakamkan di Naisabur.

b.    Perhatian beliau terhadap ilmu hadist

Imam Muslim belajar hadist pada usia kurang lebih 12 tahun yaitu pada tahun 218 H (833 M ). Beliau pernah pergi ke hijaz, irak, syam, mesir dan tempat-tempat lain untuk memperdalam tentang ilmu hadist.

Ulama’- ulama’ besar yang pernah berguru kepada beliau seperti : Abu Hatim, Musa bin Haran, Abu Isa At-Tirmidzi, Yahya ibnu Said, ibnu Khuzaimah, Awwanah, dan Ahmad ibnu Al Mubarak.

c.    Karya-karya imam muslim

Diantara karya-karya beliau adalah :
1)    Shahih Muslim, kitab ini berisikan sebanyak 7.273 buah hadist, termasuk yang diulang-ulang, kalau dikurangi yang diulang maka tinggal 4.000 buah hadist. Kitab sahih muslim ini yang paling terkenal. Diantara sekian kitab yang memberi syarah terhadap kitab itu adalah Imam Nawawi ( wafat 672 H ), yang diberi judulal manhaj fi syarh shahih muslim ibnu hajaj.

2)    Musnadul Kabir, kitab yang menerangkan tentang nama-nama Rijalul hadist
3)    al Jami’ul Kabir
4)    Kitabul I’lal wa kitabu auhamil muhaditsin
5)    Kitabut tamyiz, kitabu man laisa lahu illa rawin wahidun, kitab al thabaqat al thabi’in dan kitab muhadhoromin.

Demikiaan ilmu yang dapaat aksell17 sampaikan semoga bermanfaat bagi sahabat A’ks semua, terima kasih…

Kata – kata :
Biografi Imam Muslim , karya – karya Imam Muslim, tokoh islam dalam bidang hadis , perhatian Imam Muslim terhadap ilmu hadist , lahirnya Imam Muslim, wafatnya Imam Muslim



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : **Rangkuman** Biografi Imam Muslim dan juga karya – karyanya

0 komentar:

Posting Komentar