Disini Tempatnya Kunci Jawaban Dan Tugas - Tugas Sekolah. by : aksell17

**Rangkuman** Biografi Imam At-Tirmidzi dan juga karya – karyanya


**Rangkuman** Biografi Imam At-Tirmidzi dan juga karya – karyanya

//**Rangkuman** Biografi Imam Tirmidzi dan juga karya – karyanya *\\ . hai sahabat A’ks, aksell17 akan update ilmu lagi, kali ini ilmu yang akan aksell bagikan tentang pelajaran Agama Islam yaitu Biografi Imam At-Tirmidzi dan juga karya – karyanya . okeh langsung saja sobat baca ilmu di bawah ini cekidot :


Imam At-Tirmidzi ( 200-279 H/824-892 M)


 
 

a.    Riwayat hidup imam at-tirmidzi


Nama lengkap beliau adalah abu isa Muhammad ibnu isa Ibnu Tsurah ibn musa ibn Dhahak al Sulami al Bughi al tirmidzi. Adalah seorang Muhadits yang lahir di kota Turmudz, kota kecil di pinggir utara sungai Amuderya, sebelah utara Iran.  

Beliau dilahirkan di kota Turmudz pada bulab Dzulhijjah 200 H ( 824 M). imam at-tirmidzi dan imam al bukhori adalah satu daerah ma wara’un nahar. Beliau wafat di Turmudz 13 rajab 279 H ( 829 M).

 

b.    Perhatian terhadap ilmu hadist


Beliau mengambil hadist dari ulama hadist kenamaan, seperti qutaibah ibn sa’id, ishaq ibn musa, dan al bukhori. Mayoritas ulama’ sepakat bahwa pada akhir hayatnya al tirmidzi mengalami kebutaan, akan tetapi apakah kebutaannya itu sejak lahir masih menjadi perselisihan diantara ulama hadist.

 

c.    Karya-karyanya: 

    Sunan At-Tirmidzi, penulisannya selesai pada tanggal 10 Dzulhijah 270 H. salah satu syarah yang mengomentarinya adalah karangan Abdurrahman Mubarakpuri dengan judul Tuhfat Al Ahwadzi ( 4 jilid ).Tawarih, al I’lal, syamail, al asma’ wal kuna, al atsar al mauqufah,dan al I’lalul kabir
Karya – karya At-tirmidzi :


1.      Al-Jami’ (Sunan at-Tirmidzi). Kitab yang satu ini adalah kitab beliau yang paling monumental dan paling bermanfaat.

2.      Al-‘Ilal.

3.      Al-‘Ilal al-Kabir

4.      Syamail an-Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Kitab ini termasuk kitab yang paling bagus yang membahas tentang sifat-sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.



 

Demikiaan ilmu yang dapaat aksell17 sampaikan semoga bermanfaat bagi sahabat A’ks semua, terima kasih…

 

Kata – kata :

Biografi Imam At-Tirmidzi , karya – karya Imam At-Tirmidzi, tokoh islam dalam bidang hadis , perhatian Imam At-Tirmidzi terhadap ilmu hadist , lahirnya Imam At-Tirmidzi, wafatnya Imam At-Tirmidzi



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : **Rangkuman** Biografi Imam At-Tirmidzi dan juga karya – karyanya

0 komentar:

Posting Komentar