Disini Tempatnya Kunci Jawaban Dan Tugas - Tugas Sekolah. by : aksell17

**Rangkuman** Biografi Imam Al-Bukhari dan juga karya – karyanya

**Rangkuman** Biografi Imam Al-Bukhari dan juga karya – karyanya


//**Rangkuman** Biografi Imam Al-Bukhari dan juga karya – karyanya \\ . hai sahabat A’ks, aksell17 akan update ilmu lagi, kali ini ilmu yang akan aksell bagikan tentang pelajaran Agama Islam yaitu Biografi Imam Al-Bukhari dan juga karya – karyanya . okeh langsung saja sobat baca ilmu di bawah ini cekidot :


Imam Al Bukhari ( 194-252 H/810-870 M )




a.    Riwayat Hidup Imam Al Bukhari

Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Almughroh bin Al Bardizbah Al bukhoro, adalah ulama’ hadist yang sangat masyhur, kelahiran Bukhara, suatu kota di Uzbekistan, wilayah uni soviet, yang merupakan simpang jalan antara rusia, Persi, Hindia, dan Tiongkok.

Beliau dilahirkan setelah selesai sholat jum’at pada tanggal 13 syawal 194 h (810 M). seorang muhaditsinyang jarang tandingannya ini, sangat wara’, sedikit makan, banyak membaca al-Qur’an baik siang maupun malam, serta gemar berbuat kebajikan kepada murid-muridnya. Ayahnya adalah seorang ulama’ hadist yang pernah belajar dibawah bimbingan sejumlah tokoh termasyhur sat itu seperti Anas bin Malik, Hammad ibnu Zaid, dan ibnu Mubarak.

Imam Al-Bukhori wafat pada malam sabtu selesai sholat isya’, tepatnya pada malam Idul fithri tahun 252 h (870 M) dan dikebumikan di Khirtank, Samarkand.

b.    Karya-karya imam al bukhori

karya-karya beliau banyak sekali, diantaranya :
1)     Al Jami’ah Musnad Al Shohih Al Mukhtashar Min Umur Rasulillah Wa Sunanih Wa Ayyamihi yang biasa di sebut “Shahih Bukhori”. yakni kumpulan hadist – hadist yang beliau persiapkan selama 16 tahun lamanya. Kitab ini berisikan hadist–hadist shahih secara keseluruhan.  
Banyak ulama’ yang membuat syarah darishohih Bukhori antara lain :
a)    Ibnu hajar ( w. 856 H ) mengarang Fathul Bari
b)    Al Ayni Al hanafi (wafat 855 H ) mengarang Umdah al Qari’
c)    Qasthalani ( wafat 923 H ) mengarang Irsyad Al syari’
d)    Jalaluddin al suyuthi ( wafat 911 H ) mengarang At Tausyih

2)    Qadhaya Al Shohabah Wa At Tabi’in. kitab ini disusun ketika berusia 18 tahun, dan sekarang tidak diketahui keberadaannya.
3)    Al Tarikhu Al Kabir ( 8 jilid ) yang  telah terbit tiga kali
4)    Al Tarikhu Al Autsah
5)    Al Adabu Al Munfarid, Birru Al Walidain, dan sebagainya.


c.    Perhatian beliau terhadap ilmu hadist

Disaat usianya beliau belum mencapai sepuluh tahun, Imam Al Bukhori telah mulai belajar hadist, sehingga tidak mengherankan ketika berusia 16 tahun telah hafal matan sekaligus rawi dari beberapa buah kitab karangan ibnu mubarak dan waqi’. Beliau merantau ke negeri syam, mesir, jazirah arab sampai dua kali, ke Bashrah empat kali, ke hijaz bermukim enam tahun, dan pergi ke Baghdad bersama ahli para hadist yang lain sampai 8 kali. Menurut pengakuannya,  kitab hadist yang ditulisnya membutuhkan jumlah guru tidak kurang dari 1.080 orang guru hadist.

Beliau telah memperoleh hadist dari beberapa hafidh, antara lain: Maky bin Ibrahim, Abdullah bin Usman Al Mawarzy, Abdullah bin Musa, Abu Ashim Asy syaibani, dan Muhammad bin Abdullah Al Anshori. Ulama’-. ulama’ besar yang mengambil hadist dari beliau antara lain : Imam Muslim, Abu Zur’ah, At-Turmudzi, Ibnu Khuzaimah dan An-Nasa’i.


Demikiaan ilmu yang dapaat aksell17 sampaikan semoga bermanfaat bagi sahabat A’ks semua, terima kasih…

Deskripsi
Biografi Imam Al-Bukhari , karya – karya Imam Al – Bukhari, tokoh islam dalam bidang hadis , perhatian Imam Al-bukhari terhadap ilmu hadist , lahirnya Imam al-bukhari, wafatnya Imam Al-bukhari

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : **Rangkuman** Biografi Imam Al-Bukhari dan juga karya – karyanya

0 komentar:

Posting Komentar